MANFAAT INTERNET BAGI DUNIA PENDIDIKAN

Share:

MANFAAT INTERNET BAGI DUNIA PENDIDIKAN

Apa Itu Internet?
Internet (kependekan dari interconnection network) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").


Gambar Jaringan Internet Global

Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan (global)

Secara global Internet telah menjadi sebuah kebutuhan dalam dunia pendidikan, teknologi internet hadir sebagai media yang multi fungsi, berbagai peranan internet dalam ranah pendidikan antara lain sebagai akses ke sumber informasi (online journal, e-library) juga sebagai alat bantu bagi komunikasi bagi guru dan siswa di seluruh penjuru dunia di antaranya yang sudah mendapatkan akses internet. Fasilitas pembelajaran (e-learning) dan dukungan infrastruktur institusi lembaga pendidikan di masing negara menambah keistimewaan peranan teknologi internet dalam ranah pendidikan. Dengan adanya teknologi internet maka secara tidak langsung mempengaruhi struktur dunia pendidikan, seperti yang dikatakan oleh O’Brien, Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang berkembang pesat dan bermanfaat bagi berbagai macam kepentingan, mulai dari kepentingan bisnis, pendidikan, hingga ke dalam jaringan pemerintahan yang dapat saling berhubungan satu sama lain.
Sebagai contoh manfaat teknologi internet bagi dunia pendidikan seperti yang dilakukan oleh Chatolic University of Amerika yang menerapkan teknologi internet untuk keperluan studi sejarah matematika bagi mahasiswa secara online atau virtual




Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan (Indonesia)

Di Indonesia sendiri teknologi internet dianggap sebagai suatu sarana prasarana yang memperlancar media pembelajaran, hal ini di tinjau dari internet sebagai ilmu pengetahuan berbasis teknologi dalam dunia pendidikan. Manfaat teknologi internet bagi dunia pedidikan di Indonesia sangat berpengaruh dalam meningkatkan produktivitas khususnya bagi para siswa dan guru, teknologi internet di Indonesia juga telah memberikan suatu manfaat bagi kaum terdidik di Indonesia untuk berpikir global berkat kemudahan dalam mengkakses informasi  (online journal, e-library serta ensiklopedia), manfaat positif lainnya dari internet dalam pendidikan khususnya di Indonesia adalah pendidikan jarak jauh atau pembelajaran online. Dengan fasilitas ini, guru dan siswa dapat mengambil kursus singkat dengan materi pelajaran secara online yang tersedia, belajar dan memberikan ujian.



Diprediksi pemanfaatan teknologi internet bagi pendidikan di Indonesia akan terus meningkat apabila ada dukungan dalam pengembangan infrastruktur teknologi internet, baik dari pemerintah, sektor swasta maupun publik. Program palapa ring adalah tolak ukur perkembangan teknologi internet di Indonesia dimana program jaringan kabel optik yang terhubung ke seluruh Indonesia.


Penulis: Ricko Thaal

No comments